Kembali Ke Atas
Beranda
Opini
Organisasi
Manfaat Organisasi
Unknown Unknown
Desember 08, 2014

Manfaat Organisasi


       Sebagai seorang mahasiswa, rasanya tak cukup bila hanya berangkat dan pulang kuliah tanpa mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Salah satu dari hal yang dapat mengisi kekosongan itu ialah dengan bergabung dalam sebuah organiasi. Berkutat dengan banyak organisasi terkadang membuat banyak waktu pribadi tersita. Ketika tugas kuliah menumpuk dan selalu memanggil untuk dikerjakan, seringkali itu semua terkalahkan dengan agenda organisasi, apa pun organisasinya. Bagi saya, kepentingan organisasi dan waktu yang berkualitas bagi diri sendiri tetap perlu untuk diperuangkan. Sehingga, tak jarang saya skip semua agenda organisasi demi tugas dan waktu berkualitas bagi diri sendiri. Setiap kita punya kepentingan dan kepentingan kita dibatasi oleh kepentingan orang lain, begitu juga kebebasan kita. Sesungguhnya dengan mengikuti banyak organisasi kita akan mendapat banyak keuntungan, di antaranya sebagai berikut: 
1. Memperbanyak relasi. Relasi ini akan sangat berguna di masa mendatang. Mungkin saat ini dampak atau menfaatnya belum terasa, tetapi di masa mendatang keberadaan relasi yang banyak akan memudahkan kita dalam berbagai hal, berbagai aktivitas. 
2. Belajar mengatur waktu 24 jam seefisien mungkin. Tentunya dengan tanggungan organsasi yang banyak ditambah dengan beban kuliah yang cukup banyak juga akan banyak menyita waktu. Maka, hal ini akan menjadikan seorang mahasiswa yang mengaku akademis aktivis mampu mengatur waktunya dengan baik sehingga setiap detik waktunya sangat berharga dan tentunya tak mau hilang dengan sia-sia begitu saja. 
3. Bekerja secara kooperatif. Dengan mengikuti organisasi kita diajarkan bagaimana mengerjakan suatu program bersama dengan orang lain, tidak sendirian atau individual. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika nanti kita telah terun ke masyarakat dimana sangat dibutuhkan sekali skill untuk bekerja dengan banyak orang. 
4. Belajar bertanggungjawab dengan apa yang telah diamanahkan. Dalam sebuah organisasi tiap kader atau anggota mendapat beberapa tanggungjawab dari organisasi bersangkutan, entah itu dalam hal kepanitiaan, dsb. Hal ini menuntut setiap anggota untuk senantiasa bertanggungjawab atas amanah yang diembannya. 
Dari berbagai kemanfaatan di atas, maka saya sarankan kepada pembaca untuk terus berproses dalam organisasi, apa pun itu bentuknya, karena sesungguhnya manfaatnya banyak sekali baik bagi masa kini maupun masa mendatang. Dan satu hal yang perlu diingat bahwa aturlah jadwalmu dengan baik bila engkau mengikuti organisasi. Jangan sampai lupakan tugas dan tanggungjawab utama sebagai mahasiswa, yaitu belajar. Teruslah mengukir prestasi dalam hal akademik dan non-akademik. Tetap semangat dan salam sukses bagi kita semua. 

Penulis blog

Terima kasih sudah berkunjung. :)