Kembali Ke Atas
Beranda
Islam
Khotbah
Rangkuman
Pemimpin yang Baik
Muhammad Amin Muhammad Amin
April 09, 2009

Pemimpin yang Baik

Pemimpin yang Baik
08/04/2009 – Pemimpin yang Baik

Seorang ustaz ketika salat Jumat berkhotbah tentang ciri-ciri pemimpin yang baik. Apa aja sih sebenarnya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar memimpin dengan baik dan benar. Inilah ciri-cirinya :

  1. Suka berbagi (terbuka) dengan yang dipimpinnya.
    Maksudnya apa? maksudnya adalah pemimpin iu suka berbagi, kalau ada permasalahan yang berkenaan dengan yang dipimpinnya, ia bersikap terbuka, tidak menutup diri, mau menerima kritik, usulan, dan lain sebagainya dari yang dipimpinnya.
  2. Suka bangun malam
    Pemimpin yang baik cirinya adalah suka bangun malam untuk meminta kepada Allah supaya yang dipimpinnya selalu dalam keadaan sehat sepanjang hidupnya. Meminta perlindungan kepada-Nya agar selalu diberkati kepemimpinannya. Meminta petunjuk untuk menyelesaikan sesuatu yang sedang terjadi dengan yang dipimpinnya. Bukan malah menjadi pemimpin yang suka tidur, bangun molor, tidak memperhatikan yang dipimpinnya. Kalau begitu mana bisa maju negara kita ini.
  3. Suka memberi
    Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang suka memberi bukan pemimpin yang suka menuntut hak yang dipimpinnya agar pemimpin itu mendapatkan apa yang diinginkannya. Kalau begitu sama saja dengan lintah darat, menjadi orang yang sukanya meminta kepada orang lain. Semestinya para pemimpin itu malah memberi apa yang menjadi kebutuan dan keinginan yang dipimpinnya, misalnya bahan bakar alternatif, dan sebagainya.

Itulah sedikit cuplikan khotbah seorang kiai ketika salat Jumat. Semoga pemimpin yang mempunyai kriteria di atas dapat menjadi pemimpin yang lama dinanti-nantikan oleh bangsa Indonesia.

Penulis blog

Muhammad Amin
Muhammad Amin
Dosen Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penulis, pemerhati pendidikan dan bahasa, siniar, IT enthusiat

Terima kasih sudah berkunjung. :)