Kembali Ke Atas
Beranda
Tidak Dikategorikan
UTS Ganjil FITK 2015 Beda !!!
Muhammad Amin Muhammad Amin
Oktober 12, 2015

UTS Ganjil FITK 2015 Beda !!!

UIN Malang – Ujian Tengah Semester (UTS) semester ganjil tahun akademik 2015-2016 dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mulai Senin (12/10) sampai Jumat (16/10). UTS semester ganjil FITK diperuntukkan bagi semua mahasiswa FITK di berbagai semester. Pelaksanaan UTS dilaksanakan di kelas-kelas yang telah ditentukan oleh Bagian Akademik FITK yang dikepalai oleh Bu Sulalah. Pelaksanaan UTS ini dimaksudkan untuk mengevaluasi hasil belajar mahasiswa selama 2 bulan pertama mengikuti perkuliahan pada semester ganjil. Pelaksanaan UTS FITK selalu berbeda dengan fakultas lainnya. Setiap ujian di FITK selalu disertai jadwal dari bagian akademik fakultas. Selain itu, seragam wajib atasan putih, bawahan hitam serta almamater kebanggaan kampus selalu menjadi ciri khas di setiap ujian yang dilaksanakan oleh FITK. Untuk tahun ajaran 2015-2016 ini, jadwal pun sedikit berbeda dari biasanya. Dibandingan dengan UTS atau UAS sebelumnya, jeda waktu pergantian antar mata kuliah pada UTS kali ini lebih singkat, yaitu 10 menit dari yang sebelumnya berdurasi 15 menit.
       UTS dan UAS terdiri dari dua macam ujian. Ada ujian tertulis di kelas, ada pula ujian take home yang dikerjakan di luar kelas. “UTS ini tidak terlalu berat bagi semester atas seperti saya karena memang beban SKS hanya setengah dari biasanya, tetapi mungkin cukup memberatkan bagi adik-adik kelas saya, apalagi bila tugas UTS berupa take home yang seabrek” ungkap Rozaq, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab semester 7 usai mengikuti UTS Tarjamah.

       UTS dan UAS fakultas lain pun rata-rata juga dilaksanakan pada satu minggu ini, meski jadwalnya mengikuti jam matakuliah dan tanpa seragam resmi putih hitam seperti di FITK. Bahkan, mahasiswa Fakultas Saintek (Sains dan Teknologi) melaksanakan UTS selama 2 minggu karena selain menjawab pertanyaan ujian, mereka diharuskan melakukan praktek dan menulis laporan dari praktek yang mereka lakukan di laboratorium. (Amin/red).      

Penulis blog

Muhammad Amin
Muhammad Amin
Dosen Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penulis, pemerhati pendidikan dan bahasa, siniar, IT enthusiat

Terima kasih sudah berkunjung. :)