Kemarin, saya berkesempatan mengikuti salah satu seminar Internasional Kolaboratif. Sama seperti pada Kamis lalu, hari ini dua pembicara dari luar Indonesia berbincang masalah tantangan pembelajaran Bahasa Arab di Era Globalisasi. Pembicaranya adalah Prof. Dr. Shalih Al-Shitsri, Syekh Abdul Aziz Al-Zeid, H. Syuhadak Sholeh, Ph. D., dan Dr. H. Uril Bahruddin, MA. Meski telat hampir satu jam setengah, dimulailah seminar tersebut.
Pembicara pertama, Prof. Dr. Shalih Al-Shitsri dari King Khalid University Arab Saudi yang menyampaikan bahwa untuk mewujudkan pembelajaran Bahasa Arab yang dibutuhkan dibutuhkan empat hal, yaitu kurikulum yang bagus, guru yang terlatih, murid yang cemerlang, dan lingkungan yang sesuai.
Faktor-faktor umum yang berpengaruh pada pembelajaran Bahasa Arab: 1) Faktor agama (amaliyah ibadah, salat, puasa, haji, dan sebagainya)(, 2) Faktor ekonomi. Sedangkan tahapan pengembangan pembelajaran yaitu mengungkap, belajar secara sengaja, dan takhasus (konsentrasi).
Adapun ma