Kembali Ke Atas
Beranda
Prosa
Renungan Hujan
Renungan Kehidupan
Berdoalah Ketika Hujan!
Muhammad Amin Muhammad Amin
April 05, 2018

Berdoalah Ketika Hujan!

Apa yang biasa kamu lakukan ketika hujan turun dengan derasnya? Menggerutu sebab pakaian yang dijemur basah lagi? Mencaci maki sana sini sebab tak dapat pulang kerja tepat waktu? Astaghfirullah, semoga saja tidak demikian. 
.
Sebagai seorang muslim, alangkah lebih baik kita ikuti tuntunan nabi untuk berdoa ketika hujan turun. Doa yang dianjurkan adalah Allahumma shoyyiban naafi'aan. Ya Allah jadikan rinai yang turun kali ini menjadi hujan yang penuh kebermanfaatan. Hujan yang mampu menghapus gersangnya tanah. Hujan yang kembali menumbuhkan pepohonan dan bunga-bunga yang indah. 
.
Sebab bila tidak didoakan kebaikan, bisa jadi hujan yang turun menjadi malapetaka. Hujan bisa menjadi banjir, longsor, mendatangkan bencana di mana-mana. Maka, bermohonlah kepada Allah supaya hujan itu penuh dengan keberkahan bagi segenap makhluk di atas muka bumi ini. 
.
Selain itu, Rasul juga menganjurkan untuk berdoa dengan khusyuk sebab sewaktu hujan adalah waktu mustajabah untuk berdoa. Jangan sampai dilewatkan begitu saja. Jangan sampai ketika hujan turun kamu terus-terusan memikirkan dia yang belum halal untukmu. Lebih baik doakan kebaikan kepadanya, doakan secara rahasia. Bukankah Allah begitu menyukai doa mukmin kepada mukmin lainnya yang dilakukan secara rahasia? 
.
Maka, mulai sekarang mari membiasakan diri untuk bermohon kebaikan ketika hujan mulai menyapa bumi. Jangan habiskan dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Jadikan setiap detik dalam hidup kita penuh dengan kebaikan-kebaikan, bukan penuh dengan hal-hal yang sia-sia. Sebab tanda kebaikan seorang muslim adalah meninggalkan hal-hal yang sia-sia. 
.
#renungan #hujan #senja #05042018 #perindurinai

Penulis blog

Muhammad Amin
Muhammad Amin
Dosen Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penulis, pemerhati pendidikan dan bahasa, siniar, IT enthusiat

Terima kasih sudah berkunjung. :)