Kembali Ke Atas
Beranda
Rangkuman
Webinar
10 Pola Pikir Penting dalam Menghadapi Kehidupan (bagian 1)
Muhammad Amin Muhammad Amin
Desember 26, 2020

10 Pola Pikir Penting dalam Menghadapi Kehidupan (bagian 1)

10 Pola Pikri Penting dalam Menghadapi Kehidupan (1)

Sore ini saya berkesempatan mengikuti webinar gratis yang diadakan oleh Mindset Academy. Pak Nardi Hidayat menyampaikan materi yang sangat bermanfaat untuk menyambut 2021.

Ada 10 pola pikir penting dalam menghadapi kehidupan. Saya akan bahas 5 dulu. Sebelumnya mohon maaf kalau kurang detail karena tadi terlambat masuk ruang Zoom-nya.

1. Pola Pikir Pemenang

Seorang pemenang tentu berpikir untuk tidak pernah menyerah. Apa pun yang ada dalam kehidupan sesungguhnya akan membentuk diri kita. Nah, pola pikir pemenang yang pantang menyerah akan memudahkan kita dalam menggapai impian.

Dalam hidup, tentu kita sering dihadapkan pada masalah, baik besar, maupun kecil. Namun, yang membedakan adalah bagaimana kita menyikapi masalah tersebut. Kalau baru dikasih sedikit tantangan atau cobaan saja sudah menyerah, bagaimana kita mampu menghadapi masalah yang lebih banyak dan lebih besar?

2. Gentleman Mindset

Pola pikir gentleman ditunjukkan dengan tanggung jawab. Bagaimana seseorang mampu bertanggung jawab terhadap segala pilihan yang diambil.

Pilihan apa pun, sekecil apa pun, tentu ada konsekuensi di belakangnya. Nah, kita harus paham dulu apa konsekuensinya dan mau menerimanya tatkala sudah memutuskan untuk memilih keputusan tersebut. Gentleman juga akan berhati-hati dalam memutuskan sesuatu.

3. Pegang Statement

Memegang apa yang dikatakan agar sejalan dengan apa yang terjadi adalah pola pikir yang harus kita miliki. Sekarang ini semakin banyak orang yang tidak sejalan antara apa yang diucapkan dan apa yang diperbuat.

Dalam Al-Qur’an Allah membenci orang yang tidak mengerjakan apa yang telah dikatakannya. Maka, pahami setiap pernyataan kita agar mampu mengerjakannya dalam kehidupan. Kemampuan memegang pernyataan agar sejalan dengan perbuatan akan menaikkan kepercayaan orang lain kepada diri kita sekaligus meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri di hadapan orang lain.

4. Better Early Than Late

Kita harus mempersiapkan diri menghadapi berbagai hal yang akan terjadi pada hari depan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, tetapi paling tidak kita bisa memprediksi dan mempersiapkan diri agar mampu menghadapinya dengan baik.

Tidak perlu memedulikan kata orang yang mengatakan kita lebay atau apa pun. Tentu selalu lebih baik mempersiapkan segalanya lebih awal daripada terlambat sehingga menyebabkan keadaan semakin memburuk.

5. Masuk Saat Diminta

Sebagai manusia, kita memang senang untuk mengetahui kehidupan orang lain. Parahnya, kadang kita selalu ingin ikut campur dalam kehidupan mereka.

Jika orang lain meminta kita untuk katakanlah menyelesaikan suatu hal, pilihan ada di tangan kita. Maukah kita melakukannya atau menolaknya dengan sopan. Lagi lagi semua pilihan ada di tangan kita. Ketika kita tahu dan mau menerima segala konsekuensinya, silakan ambil peran ketika diminta.

Semoga dapat dipahami ya. Lanjutannya akan di-posting segera.

#26122020 #mindset

Penulis blog

Muhammad Amin
Muhammad Amin
Dosen Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penulis, pemerhati pendidikan dan bahasa, siniar, IT enthusiat

Terima kasih sudah berkunjung. :)