Kembali Ke Atas
Beranda
Migrasi Blog
Migrasi Blog
Muhammad Amin Muhammad Amin
Desember 23, 2020

Migrasi Blog

Mungkin ini adalah posting terakhir pada blog ini. Beberapa waktu ke depan, mungkin 1 sampai 2 minggu, saya akan menghapus total semua posting sampai pada menghapus blog ini.

Saya memutuskan untuk hijrah memakai WordPress sebagai pengganti. Saya juga belajar hosting dan kembali menyewa domain baru untuk blog saya nantinya. Satu keputusan yang bagi saya pribadi  cukup penting mengingat banyak hal yang harus dipikirkan selain migrasi blog.

Proses migrasi sebenarnya mudah saja. Saya hanya perlu mengekspor seluruh posting pada blog ini lantas memgimpornya ke blog baru. Namun, karena migrasinya berbeda platform, tentu saja ada penyesuaian yang saat ini saya masih harus melakukannya secara manual. Barangkali kalau menemukan yang otomatis, tentu saya akan memakainya dengan senang hati.

Kenapa sih pusing-pusing pindah blog?
Ini dengan berbagai alasan sih. Pertama, saya ingin mempraktikkan ilmu yang dipelajari dari kelas WordPress yang diasuh oleh Kang Arsa. Nah, di sana ada anjuran untuk sewa hosting dan domain. Lalu, instal mesin WordPress pada hosting yang sudah disewa.

Saya mengikuti anjuran Kang Arsa untuk membeli hosting dan domain di idcloudhost.com. Harganya cukup bersahabat. Tidak murah memang, tetapi juga tidak terlalu mahal. Biaya perpanjangan bulanan adalah 30.000. Kalau ditotal setahun saya perlu 360.000 rupiah. Lumayan ya.

Saya juga sempat cari hosting di tempat lain dengan berbagai pertimbangan. Ada rumahweb, gapurahoster, dan domainesia. Semua itu saya dapatkan dari grup penunjang kelas WordPress dan juga web penasihathosting.com.

Setelah menimbang berbagai hal, saya memutuskan untuk memilih idcloudhost. Untuk masalah domain, saya memilih domain .my.id dengan biaya perpanjangan 10.000 per tahun. Ini sangat terjangkau. Kalau digabung dengan hosting sudah mahal, 370.000.

Semoga saja migrasi ini semakin membuat saya bersemangat untuk berbagi melalui tulisan. Setelah mengikuti kelas WordPress ini, saya semakin paham bagaimana seharusnya mengelola website dengan baik, tidak asal-asalan seperti sebelumnya.

Mohon doanya semua pengunjung blog ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Penulis blog

Muhammad Amin
Muhammad Amin
Dosen Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penulis, pemerhati pendidikan dan bahasa, siniar, IT enthusiat

  1. Mas Prim
    Mas Prim
    Jumat, 14 Mei 2021 pukul 22.00.00 WIB
    Semoga tetap istiqomah menebar kebaikan apa pun platformnya ya Mas. Jazakallahu khoiron katsiir.
Terima kasih sudah berkunjung. :)