Kembali Ke Atas
Beranda
Renungan Kehidupan
Harapan-Harapan Baru Dua Ribu Dua Puluh Satu
Muhammad Amin Muhammad Amin
Januari 01, 2021

Harapan-Harapan Baru Dua Ribu Dua Puluh Satu

Harapan-Harapan Baru Dua Ribu Dua Puluh Satu
1/1/2021 | #day29 | Harapan-Harapan Baru Dua Ribu Dua Puluh Satu

Alhamdulillahirabbil aalamiin, hari ini kita sudah memasuki tahun miladiah 2021.

Kalau ingat dua tahun sebelumnya, juga empat tahun sebelumnya, saya selalu mengikuti program rutin menulis selama sebulan. Dokumentasinya ada pada akun Instagram @bymuhammadamin

Nah, kali ini saya berkesempatan mengikuti event ODOP ICC (One Day One Post Indonesian Content Creator).

Saya ikut program ini setelah sebelumnya saya bergabung ke 1 minggu 1 cerita dan berbagi pengalaman tentang ODOP. Saya tertarik dan memutuskan untuk mengikutinya.

Memasuki tahun baru, tentu ada banyak harapan yang ingin segera terwujud.

Kali ini, saya akan berbagi harapan-harapan yang semoga bisa menghidupkan hari-hari sepanjang 2021.

1. Ibadah konsisten dan meningkat

Menempati urutan pertama adalah harapan tengang ibadah kepada Sang Pencipta.

Ibadah yang selama ini sudah dilakukan seperti salat berjemaah, salat Duha, dan mengaji Al-Qur’an semoga terus bisa konsisten.

Amalan seperti sedekah, salat sunnah, puasa sunnah harus ditingkatkan lagi.

By the way, ibadah di sini tidak hanya amalan vertikal saja ya (hablun minallah), tetapi juga amalan horizontal (sosial, hablun minannaas).

2. Makin banyak membaca buku

Kalau diingat-ingat, saya pernah membuat harapan membaca 52 buku tahun lalu, nyatanya hanya 1 atau 2 buku yang saya benar-benar selesai membacanya.

Barangkali saya harus mengambil buku yang lebih ringan, lebih cepat selesai dibaca sehingga bisa segera diaplikasikan dan dibagikan melalui tulisan dan lain-lain.

Bisa juga dengan mengikuti klub membaca buku seperti ODTePs (One Day Twenty Pages). Sehari kita wajib membaca buku minimap 20 halaman.

3. Menulis dengan konsisten

Ini harapan yang masih terus saya perjuangkan. Akhir tahun ini saya kembali untuk konsisten menulis di blog.

Selain itu, saya juga membeli domain baru, hosting baru, sampai mengikuti kelas WordPress yang diasuh oleh Mas Fadilah Arsa agar konsistensi menulis saya kembali.

Harapan-harapan ini tentu harus ditunjang dengan perencanaan yang baik mengingat ada saja agenda yang bisa merusak kebiasaan menulis.

4. Berani mengirim tulisan ke media

Ini pun masih menjadi impian saya. Saya belum pernah satu kali saja berani mengirim tulisan ke media, entah media massa maupun elektronik.

Ini hal baru dan tentu saja sangat mengasyikkan. Kebanggaan ketika tulisan dimuat akan menghadirkan kebahagiaan yang meluap-luap.

5. Family time yang kian berkualitas

Membangun keluarga harmonis adalah keinginan setiap orang. Pun dengan saya.

Sepanjang 2020 memang sudah semakin sering bersama keluarga sejak pandemi hadir.

Di tahun baru ini, keluarga bisa membuat perencanaan keuangan, perbaikan ibadah, dan lain-lain.

Semoga tahun ini kebersamaan bersama keluarga bisa semakin berkualitas dari hari ke hari.

Tak hanya bersama secara fisik, tetapi juga visi, misi, dan juga eksekusi agar kebermanfaatan kian nyata dirasakan.

Selamat datang Dua Ribu Dua Puluh Satu
Bersama harapan-harapan baru
Hidupkan semangat sepanjang waktu
Wujudkan harapan satu per satu

Penulis blog

Muhammad Amin
Muhammad Amin
Dosen Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penulis, pemerhati pendidikan dan bahasa, siniar, IT enthusiat

Terima kasih sudah berkunjung. :)